Cara Membuatan Mikro Organisme Lokal (MOL)

Mikro Organisme Lokal atau MOL adalah bahan pengurai untuk membuat pupuk organik berupa kompos atau bokashi. MOL ini sangat banyak sekali manfaatnya, karena sangat berperan penting dalam dunia Pertanian Organik.
Pembuatan pupuk organik dibutuhkan mikro organisme lokal. Yang bahannya di lingkungan kita cukup tersedia. Pertama-tama kita siapkan dahulu mikroba lokal, seperti induk bakteri, kemudian siapkan JLK2 (Jahe, Laos, Kencur, Kunir.
Membuat Mikroorganisme Lokal
Mikro Organisme Lokal
Setelah 10-15 hari disaring, ampasnya bisa dicampurkan pupuk organik padat. Induk bakteri merupakan starter MOL (Mikro Organisme Lokal). Penggunaannya menurut kebutuhan.
Brosur berikutnya bisa diketahui. Fungsi dari ramuan tersebut yaitu :
  1. Rumen sapi atau rumen kambing ini terkandung mikroba yang sangat diperlukan untuk unsur hara tanah. Bisa diamati pada waktu sapi atau kambing masih hidup mereka makan jerami rumput dan lainnya. Bakteri-bakteri ini yang berfungsi sebagai penghancur dan melarutkan makanan tersebut, sehingga mudah dicerna.
  2. Fungsi katul, ketika sapi masih hidup mereka makan katul. Setelah sapi dipotong maka bakteri masih hidup dan perlu diberi asupan makan katul.
  3. Fungsi kecambah, merupakan kebutuhan nutrisi dan stamina bakteri.
  4. Kunir berfungsi sebagai antibiotik.
  5. Tetes tebu sebagai pemercepat proses pencernakan dan fermentasi.
  6. JLK2 sebagai penetral jamur.
  7. Air leri, sebagai media pembiakan bakteri.
Buah aroma nutrisi dan mengubah bau yang tak sedap. JLK2 (jahe, laos, kunir dan kencur). JLK2 sangat dibutuhkan sebagai penetral jamur fussarium, jamur-jamur yang tumbuh yang termasuk jamur yang merugikan (apalagi OPT).Termasuk kebutuhan pembuatan pupuk padat, pupuk cair, fungisida dan masih banyak lagi.
Pembuatan JLK2
Cara Membuat Induk Bakteri
Pembuatan JLK2
JLK2 juga merupakan fungisida. Termasuk pencegah patek pada tanaman cabai. Tanaman padi dalam keadaan hujan yang terus menerus yang berpotensi sangat lembab, akan terjadi busuk leher (pangkal malai) bisa diantisipasi dengan JLK2.
Penggunaan 1 tengki 10 liter, bisa 1-2 gelas yang ukurannya 250 CC.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Membuatan Mikro Organisme Lokal (MOL)"

Post a Comment